Sistem Informasi Persediaan Barang

1,533

Skripsi Sistem Informasi Persediaan Barang adalah salah satu topik skripsi populer. Populer karena banyak dikerjakan oleh mahasiswa. Kebutuhan akan program / aplikasi ini ada dimana-mana. Di toko, di klinik, disekolah, diinstansi pemerintah. walaupun kadang dengan kosakata yang berbeda. misal sisten inventory. atau digabungdengan sistem informasi penjualan, dimana kegiatan membeli barang dan persediaan jelas menjadi bagian dari sistem iformasi penjualan.

 

Sedikit Dasar Teori Persediaan

Pengertian persediaan menurut Suharli dan CO (2006:22) adalah barang yang dibeli untuk dijual lagi sebagai aktivitas utama perusahaan untuk memperoleh pendapatan. Menurut Warren (2005:440) yang telah diterjemahkan oleh Farahmita adalah barang dagang yang disimpan untuk kemudian dijual dalam operasi bisnis perusahaan dan bahan yang digunakan dalam proses produksi atau yang disimpan untuk tujuan itu. Menurut Mulya (2010:214) adalah aktiva yang tersedia untuk dijual dalam kegiatan usaha normal perusahaan, aktiva dalam proses produksi dan atau dalam perjalanan atau dalam bentuk bahan baku atau perlengkapan untuk digunakan dalam proses produksi atau pemberiaan jasa.

 

Sumber : http://sir.stikom.edu/1553/4/BAB_II.pdf

 

Kali ini arsip skripsi akan menggabungkan 3 arsip aplikasi yang dimiliki dalam 1 artikel :

Sistem Informasi persediaan barang di Cafe

Objek penelitian adalah cafe sederhana yang hanya menjual minuman kopi dan makanan ringan. Aplikasi persediaan barang ditujukan untuk mencatat data barang, data menu makanan dan minuman, transkaksi pembelian, dan transkaksi penjualan.

Pengguna aplikaasi cukup manajer dan kasir. Manajer menggunakan aplikasi untuk mengelola semua data, kasir menggunakan aplikasi untuk mencatat transaksi penjualan.

Proses kaitannya dengan persediaan/stok barangadalah proses beli, dan proses jual. Hasil laporan kaitannya dengan persediaan adalah laporan persediaan barang.

Printscreen

sistem informasi persediaan barang cafe

 

Sistem informasi pesediaan barang di Klinik

Sistem informasi persediaan barang diklinik digunakan oleh pemilik dan apoteker. Pemilik bertanggunjawab melakukan kelola data obat, kelola supplier, mencatat transaksi pembelian, dan melihat laporan2. Apoteker menggunakan aplikasi untuk mengelola data pasien, mengelola transaksi obat masuk, dan mengelola transaksi obat keluar. Yang unik diaplikasi ini disediakan kalkulator EOQ untuk penghitung pembelian minimum dan reorder point.

Lebih lengkap bisa dilihat di sistem informasi persediaan metode EOQ

 

Printscreen

sistem informasi persediaan barang di klinik

 

Sistem informasi persediaan barang di Distributor Oli

Pengguna aplikasi adalah mmanajer/pimpinan, bagian pembelian, bagian penjualan, dan bagian gudang. pekerjaan didistribusikan sesuai bagiannya. bagian gudang mencatat tarnsaski barang masuk dan transaksi barang keluar. jadi,, stok berktambah dan berkurang dibagian gudang.

 

Prinscreen

tampilan sistem informasi persediaan barangdi toko oli

 

Anda mungkin ingin membaca ini