Marketplace Sentra Batik

164

Sourcecode marketplace dapat diperoleh melalui donasi. Tetapi jangan khawatir, keuntungan anda akan jauh lebih besar daripada nilai donasi tsb.

Silakan dibaca dahulu sebelum download sourcecode marketplace. Kalo cocok baru download…

 

 

Definisi Marketplace. Marketplace adalah …

Marketplace adalah aplikasi atau situs web yang memberi fasilitas jual beli online dari berbagai sumber. Pemilik situs web atau aplikasi tidak memiliki produk apapun dan bisnis mereka hanya menyajikan produk orang lain kepada pengguna kemudian memfasilitasinya.

Dengan kata lain pengertian Marketplace adalah model bisnis dimana situs web tidah hanya membantu untuk mempromosikan produk tapi juga menjembatani transaksi online antara penjual dan pembeli.

Beberapa tahun terakhir ini Marketplace menjadi booming di Indonesia karena Marketplace memberikan kemudahan kepada konsumen untuk berbelanja online. Marketplace memberikan pilihan produk yang bervariasi sehingga konsumen akan dapat memilih barang yang sesuai dengan keinginan mereka.

Tentunya ini sangat menguntungkan bagi pebisnis karena mereka tidak perlu repot mendatangkan pengunjung ke situs mereka. Hal ini dikarenakan Marketplace telah memiliki banyak pengunjung.

Namun Marketplace memiliki kelemahan diantaranya produk atau barang ditawarkan oleh banyak penjual. Sehingga informasi produk yang diberikan, kecepatan respon penjual dan kecepatan pengiriman antar pejual tidak seragam.

Jika satu penjual memiliki pelayanan yang buruk dapat berdampak yang buruk pula kepada reputasi keseluruhan penjual.

 

 

Jenis-jenis Marketplace

Secara garis besar Marketplace dapat menjadi 3 (tiga) jenis yaitu :

1. Marketplace Vertikal

Jenis Marketplace vertikal merupakan Marketplace yang menjual produk dari berbagai sumber namun produk yang mereka jual hanya terdiri satu jenis.

Misalkan Sebuah Marketplace yang hanya menjual produk mobil dari yang bekas hingga mobil baru.

2. Marketplace Horisontal

Jenis Marketplace horisontal merupakan Marketplace yang menjual berbagai jenis produk namun semua jenis barang yang dijual tersebut memiliki keterkaitan satu sama lainnya.

Misalkan sebuah marketpace yang menjual produk komputer dan aseseorisnya. Didalam Marketplace tersebut tidak hanya menjual berbagai merek komputer tapi Marketplace tersebut juga menjual asesoris pendukung, sparepart komputer dan lain-lain.

3. Marketplace global

Jenis Marketplace global merupakan Market place yang berbagai produk bahkan antar barang yang dijual dapat tidak berkaitan sama sekali.

Contoh Marketplace global di Indoensia adalah Tokopedia, Olx dan Bukalapak.

 

Perbedaan Online Shop/Toko Online, E-Commerce, dan Marketplace

Pengertian Online shop

Online shop atau yang disebut dengan toko online adalah sistem belanja online yang mana pembeli dapat menanyakan harga atau pertanyaan apapun terkait produk kepada penjual secara langsung, dapat melalui BBM, LINE, atau Whatsapp. Di beberapa online shop, biasanya akan ada diskon setelah pembeli sering berlangganan pada online shop tersebut. Ada juga online shop yang masih memberlakukan tawar menawar harga suatu produknya. Contoh dari online shop ini sering dijumpai di Facebook dan Instagram. Online shop yang sering dijumpai di Facebook misalnya LakuBgt.

Pengertian Marketplace

Marketplace adalah model bisnis yang mana website yang bersangkutan tidak hanya membantu mempromosikan barang dagangan saja, tapi juga memfasilitasi transaksi uang secara online. Pada sistem belanja online ini, sebuah website menyediakan lahan atau tempat  bagi para penjual untuk menjual produk-produknya. Di website inilah kita akan menemukan produk dari penjual yang berbeda, ada juga beberapa penjual dari online shop. Setiap produk yang terdapat dalam website tersebut telah diberikan spesifikasi dan penjelasan kondisi produknya, sehingga pembeli dapat langsung mengklik tombol “beli” kemudian melakukan transfer sejumlah harga yang tercantum. Pada sistem belanja ini, penjual tidak melakukan tanya jawab kepada pembeli dan tidak ada diskon ataupun tawar menawar seperti pada online shop. Contoh dari marketplace diantaranya adalah tokopedia.com, olx.co.id, bukalapak.com, dll.

Pengertian E-Commerce

Sistem belanja e-commerce hampir sama dengan marketplace, yaitu pembeli tinggal memilih barang yang diinginkan pada sebuah website, kemudian mengklik tombol “beli” dan melakukan transfer sejumlah harga yang tercantum. Bedanya adalah pada e-commerce, barang ataupun produk yang dijual berasal dari website itu sendiri. Ia tidak membuka lahan atau tempat bagi para penjual lain untuk menjajakan produk mereka. Tidak ada tawar menawar dan harga yang diberikan adalah harga pas. Contoh dari e-commerce misalnya zalora.com, berrybenka.com, dll.

 

Konsep Marketplace Sentra Batik

Sebuah sentra industri batik atau sentra perdagangan (penjual) batik sepakat membuat website marketplace. Website akan digunakan oleh para penjual batik bersama-sama.

Prosedur dan fitur website  hampir mirip dengan toko online. Pembeli mengunjungi website untuk melihat penawaran produk, dan melakukan pembelian. Pembayaran melalui transfer tunai ATM. Setalah pembayaran lunas, barang dikirim.

Hanya saja pengelola data produk dan pengiriman barang dilakukan oleh masing-masing penjual.

 

 

Printscreen Soucecode Marketplace Sentra Batik

Anda mungkin ingin membaca ini