Aplikasi pemesanan makanan berbasis android

14

Aplikasi pemesanan makanan berbasis android adalah aplikasi yang ditujukan untuk kemudahan pelanggan dalam memesan produk jualan secara online.Latar belakang kebutuhan bisa jadi adalah tren layanan pemesanan online, e-commerce, atau meningkatkan layanan pelanggan.

 

Penerapan Aplikasi pemesanan makanan berbasis android

Aplikasi semacam ini bisa diterapkan atau dimodifikasi sebagai :

  • aplikasi pemesanan roti
  • aplikasi pemesanan nasi kotak
  • aplikasi pemesanan bandeng presto
  • dll asal toko permanen dan jenis makanan sejenis

Pada dasarnya mirip dengan toko online. Biasanya toko online memiliki fitur :

  • menampilkan profil perusahaan
  • menampilkan informasicara pesan dan cara pembayaran
  • registrasi
  • menampilkan data produk
  • menerima pemesanan online
  • keranjang belanja
  • mengirimkan konfirmasi pembayaran
  • melakukan pengecekan history pesanan

Dan pada halaman admin tentu harus bisa digunakan untuk mengelola data. Diantaranya data profil perusahaan, informasi cara pesan dan cara bayar, kelola data pengguna/admin, kelola data produk, kelola data ongkos kirim, kelola data pesanan, kelola data konfirmasi pembayaran, kelola data pelanggan, dan laporan-laporan.

 

Sekilas teknologi aplikasi pemesanan makanan berbasis android

Source code aplikasi pemesanan makanan berbasis android yang kami miliki dibangun menggunakan framework phonegap, yaitu teknologi membangun aplikasi android berbasis website. Aplikasi phonegap harusnya bersifat hibrid. Dapat dicompile sebagai aplikasi yang jalan di android maupun di ios.

Disisi client, menggunakan script web HTML, CSS, Js.Disisis server menggunakan PHP, CSS, Js. Komunikasi data antara client dan server dibantu dengan ajax. client meminta layanan kepada sebuah kode program yang disebut API (Aplication Programmin Interface).

 

Berikut ini adalah printscreen aplikasi pemesanan makanan berbasis android untuk toko roti tiara bakery.

Aplikasi pemesanan makanan berbasis android

 

 

download sourcecode aplikasi pemesanan android

 

download sourcecode aplikasi pemesanan android

 

 

download sourcecode aplikasi pemesanan android

 

Download sourcecode

Source code aplikasi pemesanan makanan berbasis android bisa dilakukan dengan menghubungi penjaga arsip dibagian kontak.

 


Learning PhoneGap From Zero To Hero

  1. Chapter-1 – Apa Itu PhoneGap?
  2. Chapter-2 – Set Up Adobe Build Service
  3. Chapter-3 – Events
  4. Chapter-4 –
  5. Chapter-5 –

Apa Itu PhoneGap

PhoneGap adalah sebuah project open source yang digunakan untuk membuat sebuah mobile application. Dengan PhoneGap kita bisa menggunakan web technology (HTML, CSS & Javascript) untuk membuat sebuah mobile application. HTML, CSS dan Javascript akan diubah menjadi suatu package yang bisa digunakan diberbagai device yang memiliki platform yang berbeda-beda.

PhoneGap memiliki Foreign Function Interface(FFI) yang bisa membantu kita untuk mengakses native features dari suatu device. Native Feature yang dimiliki oleh suatu platform seperti camera, geolocation, accelerometer, file dan sebagainya bisa kita akses menggunakan Javascript melalui interface FFI. Selain itu kita juga bisa mengakses Native User Interface yang dimiliki suatu platform menggunakan FFI. Misalkan untuk menampilkan sebuah dialog.

Meskipun begitu membuat aplikasi dengan phonegap tidak sama dengan membangun sebuah website. Sebab filosofi phonegap adalah bagaimana caranya membuat sebuah web agar bisa berkomunikasi dengan sebuah hardware device. Kemudian jika kita membuat aplikasi dengan phonegap yang akan didistribusikan kedalam sebuah marketplace, diusahakan isinya jangan hanya berisi sebuah static webpage tanpa memanfaatkan kemampuan suatu API milik phonegap. sebab beberapa application store akan menolaknya disebabkan aplikasi mobile yang dibuat tidak memiliki nilai untuk ditampilkan di application store. Banyak sekali aplikasi mobile yang dibuat menggunakan phonegap sukses dimarketplace.

History

Phonegap pertama kali dikembangkan oleh iPhoneDevCamp pada kegiatan hackathon pada tahun 2008. Banyak sekali yang ikut berkontribusi mengembangkan phonegap sebab setiap iphone developer yang masih newbie pasti menggunakan Objective-C. Sementara tidak semua web developer memahami Objective-C. Satu pertanyaan universal yang mendorong teciptanya phonegap adalah apakah mungkin seseorang menciptakan sebuah framework yang bisa membantu web developer untuk menggunakan kemampuan HTML, CSS dan Javascript agar bisa berinteraksi dengan native device seperti iPhone, Blackberry, Android etc untuk mengakses native features yang dimiliki setiap native device? seperti camera, accelerometer, gyroscope dst..

Waktu terus berlalu akhirnya Phonegap terus dikembangkan oleh suatu perusahaan yang bernama Nitobi yang pada akhirnya diakuisisi oleh adobe, sebagai bagian dari suatu yang diakuisisi source code dari phonegap akhirnya didonasikan kepada [ASF] Apache Software Foundation yang membuat phonegap menjadi open source. Pertama kali dikenal dengan sebutan Apache Cordova.

Banyak sekali pertanyaan tentang apa sih perbedaan phonegap dengan apache cordova? PhoneGap adalah Cordova + dengan layanan adobe yang membuat kapabilitasnya menjadi lebih luas sementara cordova bersifat independen

Foreign Function Interface

Sistem FFI yang disediakan membuat kita sebagai developer mampu membangun sebuah jembatan antara javascript dan native code untuk mengerjakan sebuah task. Sekumpulan Foreign Function ini dibundle didalam sebuah plug-ins meskipun begitu cordova atau phonegap sudah menyediakan beberapa fitur dasar dalam masing masing base package.

PhoneGap menawar banyak sekali fitur yang dibutuhkan untuk mengembangkan sebuah mobile application, selanjutnya kita akan belajar menggunakan phonegap command line interface yang bita kita gunakan untuk membangun dan memelihara aplikasi phonegap melalui terminal. Dengan CLI pula kita bisa package dan compile mobile application yang telah kita buat untuk diuji coba baik itu menggunakan virtual emulator atau perangkat device asli. PhoneGap CLI adalah alat bantu yang bisa digunakan untuk mempersiapkan aplikasi yang kita buat sebelum didistribusikan dimarketplace seperti apple store atau google play.

PhoneGap menawarkan beberapa kemampuan agar kita bisa mengakses native features seperti :

  1. Accelerometer
  2. Camera
  3. Compass
  4. Contacts
  5. Files
  6. Geolocation
  7. Media
  8. Network
  9. Notification(alert, sound, vibration)
  10. Storage

Jika kita mengembangkan mobile application untuk platform iOS dan Android device kesempatan untuk memiliki semua fitur diatas besar. Meskipun begitu ada beberapa commonly native features yang tidak akan bisa kita gunakan dibeberapa platform jika kita mengembangkan aplikasi untuk blackberry, WebOS, Windows Phone7, Symbian dan sebagainya. Sebagai contoh pada windows phone 7 tidak disediakan fitur untuk mengakses camera, compass dan storage.

Supported Platform

PhoneGap application mempunyai kemampuan untuk berjalan dibanyak mobile platform dengan menggunakan 1 codebase. Dengan plugins kita bisa membuat PhoneGap project yang kita buat menjadi lebih baik lagi, karena didalam plugins terdapat sekumpulan script yang bisa kita gunakan untuk menambah fungsi-fungsi baru kedalam aplikasi mobile yang kita buat.

PhoneGap Capabilities

Jika kita ingin membuat mobile application yang kita buat bisa berinteraksi dengan sebuah remote web service misalkan sebuah RESTful API kita bisa menggunakan jQuery agar bisa memainkan AJAX, kemudian jika mobile application yang kita buat berjalan dengan harapan pada iPhone Device ini bukan berarti akan berjalan dengan sempurna juga di device lainya. Hal yang harus kita lakukan adalah mengujinya satupersatu.

 

 

75%
Good
  • Design
  • Kelengkapan Fitur